Cool Red Transforming Pointer

Sabtu, 27 April 2013

WOW... Coelacanth Adalah Ikan Purba Yang Masih Hidup


Jika Anda berpikiran saat ini tidak ada hewan purba yang masih hidup, maka Anda salah. Coelacanth, salah satu spesies ikan purba, ternyata belum punah dan masih hidup hingga kini, sehingga disebut fosil hidup.





Ikan yang memiliki panjang 2 meter dan berat 90 kg ini tadinya dianggap punah sejak 70 juta tahun lalu. Namun anggapan punah tersebut terbantahkan setelah seorang pemancing menangkap Coelacanth pada tahun 1938. Ikan tersebut persis dengan fosil nenek moyang Coelacanth, yang pernah hidup 300 juta tahun lalu.
Kini, analisis pertama dari gen Coelacanth mengungkap mengapa ikan ini tidak memiliki perbedaan bentuk fisik, meski terpaut waktu dari generasi coelacanth di ratusan juta tahun lalu. Analisis gen juga menunjukkan adanya evolusi bagaimana ikan ini pada akhirnya bisa bergerak dari air ke daratan.



Untuk mengurutkan gen Coelacanth (Latimeria chalumnae), ilmuwan memerlukan jaringan segar serta darah. Ini bukanlah tugas mudah, mengingat ikan ini tinggal di gua-gua bawah laut dan tergolong hewan langka. Kabarnya, hewan ini hanya terlihat 309 ekor sejak 75 tahun terakhir. Sebagian hidup di lepas pantai timur sub-Saharan Africa dan Indonesia.



Kalaupun coelacanth berhasil ditangkap, hewan ini segera mati karena perubahan tekanan dan suhu. Selain itu, di bawah matahari tropis yang panas, DNA ikan ini akan cepat rusak. Tinggal bagaimana pintar-pintarnya para ilmuwan melakukan tugasnya.
Semoga artikel tentang WOW... Coelacanth Adalah Ikan Purba Yang Masih Hidup bermanfaat untuk anda dan jika ingin mencopy artikel ini mohon untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.
http://wow-unic.blogspot.com/2013/04/wow-coelacanth-adalah-ikan-purba-yang.html